HomeBERITAKPU Komit Menjaga Keterbukaan Informasi Ketua KPU Kampar Hadiri Peringatan HAKIN 2023

KPU Komit Menjaga Keterbukaan Informasi Ketua KPU Kampar Hadiri Peringatan HAKIN 2023

Menitzone, Kampar ][ Ketua KPU Kabupaten Kampar, Maria Aribeni menghadiri acara Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN), di Hotel Labersa, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Rabu (17/5/2023).

Peringatan HAKIN tahun ini mengusung tema “Meneguhkan Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilu 2024 yang Terbuka, Inklusif dan Informatif”.

Ketua KPU Kabupaten Kampar, Maria Aribeni disela-sela acara mengatakan bahwa sebagai penyelenggara Pemilu, KPU Kabupaten Kampar akan berupaya menjunjung tinggi asas transparansi dalam penyelenggaraan Pemilu. Sejalan dengan apa yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Sudah menjadi tugas KPU dalam menyampaikan perkembangan informasi kepemiluan kepada publik secara transparan dan terbuka sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” jelas Maria Aribeni.

Maria Aribeni menambahkan, bentuk implementasi dari asas transparansi adalah terbuka dalam memberikan dokumen/data penyelenggaraan Pemilu sepanjang masuk kategori yang tidak dikecualikan. Selain itu juga membuka akses proses penyelenggara pemilu kepada masyarakat, agar pemilu maupun hasil pemilu kemudian mendapat legitimasi dari masyarakat.

“ini merupakan bentuk komitmen KPU dalam menjaga keterbukaan informasi kepada masyarakat. Bahkan KPU Kabupaten Kampar Alhamdulillah pada 2022 yang lalu menerima penghargaan sebagai Terbaik 1 dalam Pelaksanaan Pelayanan dan Pelaporan PPID Tingkat KPU Kabupaten/Kota se- Provinsi Riau Tahun 2022,” tambahnya.
Momen penerimaan penghargaan tersebut tentu dapat menjadi motivasi bagi tim PPID KPU Kabupaten Kampar untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi ke depan.
Acara HAKIN di Kabupaten Kampar dihadiri oleh Menkopolhukam, Mahfud MD, Ketua Komisi Informasi Pusat RI, Donny Yoegiantoro, Plh. Gubernur Provinsi Riau, Edy Natar Nasution, Bupati/Walikota se- Riau, dan Forkopimda se- Riau, KPU dan Bawaslu se-Riau. (rls/rano).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular