HomeBERITASMAN 3 Cibinong Siap PPDB 2023

SMAN 3 Cibinong Siap PPDB 2023

MenitZone, Cibinong, ][ SMAN 3 Cibinong Bogor telah membuka pendaftaran untuk Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023.

Dalam pelaksanaannya, SMAN 3 Cibinong menerapkan empat jalur pendaftaran, yaitu Jalur Afirmasi, adalah diperuntukan bagi calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu (KETM), Jalur Zonasi adalah diperuntukan bagi SMA dengan seleksi menggunakan sistem pembagian wilayah menjadi beberapa zona dengan mempertimbangkan letak geografis, wilayah administratif penyebaran SMP/MTs dan letak satuan pendidikan terhadap domisili calon peserta didik, kemudian jalur perpindahan tugas orang tua/wali/ anak Guru adalah diperuntukan bagi calon peserta didik yang mengikuti perpindahan tempat tugas dan yang terakhir adalah Jalur Prioritas Terdekat, merupakan jalur PPDB pada SMK dengan seleksi berdasarkan pada jarak terdekat dari tempat domisili Calon Peserta Didik ke Sekolah tujuan tanpa dipengaruhi Zonasi.

Sebagai ketua panitia PPDB, Iwan Guru SMAN 3 Cibinong menjelaskan bahwa saat ini pendaftaran telah ditutup untuk Jalur Prestasi, sedangkan Jalur Zonasi saat ini sedang menerima pendaftaran. Pihak sekolah memberikan penekanan pada Jalur Zonasi untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada calon peserta didik yang berada dalam wilayah terdekat dengan sekolah.

Dalam penjelasannya, Iwan Guru mengungkapkan bahwa Jalur Zonasi menerapkan ketentuan jarak antara rumah calon peserta didik dan sekolah. Awalnya, jarak yang ditentukan adalah radius 500 meter. Namun, jika kuota penerimaan belum terpenuhi, jarak antara sekolah dan calon peserta didik akan diperluas menjadi 750 meter. Apabila setelah diperluas menjadi 750 meter kuota penerimaan masih belum terpenuhi, jarak akan kembali diperluas menjadi 1000 meter. Bahkan, dalam situasi langka, jarak bisa diperluas hingga 1500 meter.

Dalam konteks ini, Iwan Guru berharap agar para orangtua dan wali murid dapat memahami bahwa penerapan perluasan jarak ini bertujuan untuk memaksimalkan kesempatan bagi calon peserta didik yang berada dalam lingkup wilayah terdekat dengan sekolah. Meskipun jarak menjadi faktor penentu, SMAN 3 Cibinong tetap memberikan keadilan dan kesempatan yang sama bagi seluruh calon peserta didik yang memenuhi persyaratan pendaftaran.

Iwan Kuswandi, SE., M.Pd Guru juga menambahkan bahwa pihak sekolah berkomitmen untuk menjalankan proses PPDB ini dengan transparansi dan profesionalisme yang tinggi. Seluruh proses seleksi akan dilakukan secara obyektif dan mengikuti ketentuan yang berlaku.

Diharapkan dengan adanya penerapan jalur pendaftaran ini, SMAN 3 Cibinong dapat menghasilkan siswa-siswa yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan pendidikan di masa depan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PPDB SMAN 3 Cibinong, dapat mengunjungi situs resmi sekolah atau menghubungi pihak sekolah langsung. (Vincent).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular