HomeBERITAResmikan Pojok Baca Digital, Pj Bupati Kampar: Mari Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Resmikan Pojok Baca Digital, Pj Bupati Kampar: Mari Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Menitzone.com, Kampar ][ Pj Bupati Kampar, Dr H Kamsol, MM melakukan peresmian Pojok Baca Digital (POCADI) yang berada di Gedung Pojok Baca Digital Jl. Olahraga (Samping Stadion Tuanku Tambusai), Selasa (20/12/2022).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ir Nurhasani, MM dalam laporannya mengungkapkan bahwa POCADI ini diharapkan dapat manarik minat sekaligus mengajak masyarakat untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya Kabupaten Kampar dan menjadi daya tarik tersendiri, dimana masyarakat akan dimanjakan dengan kemudahan akses layanan digital yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kampar.


Pada kesempatan itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dra Mimi Yuliani Nazir Apt, MM menyampaikan lebih dari satu tahun ini banyak hal yang telah dilakukan seperti inovasi, saya berharap Pj Bupati Kampar untuk telah kita lakukan ini bisa kita tingkatkan lagi karena ini merupakan jendela ilmu, karena semua yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk mencerdaskan kehidupan anak-anak bangsa.

Kabupaten Kampar memiliki lebih kurang 1300 institusi pendidikan yang harus kita perhatikan, karena dari 1300 institusi pendidikan tersebut harusnya telah mempunyai perpustakaan yang telah terakreditasi, tetapi sekarang hanya 25 yang baru terakreditasi, harapan kami istitusi pendidikan sudah terakreditasi kedepannya karena ini akan sinkron dengan akreditasi sekolah tersebut, ucap Mimi Yuliani Nizar.


Pj Bupati Kampar Dr. H. Kampsol, MM dalam sambutannya mengungkapkan, SDM berkualitas suatu hal uang penting untuk kita perhatikan bersama, karena kreativitas dan inovasi menjadi faktor penentu keberhasilan di era 4.O,  Salah satu tugas Pemerintah adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, tidak hanya melalui pendidikan formal, namun terus dilakukan dengan berbagai upaya, salah satunya dengan mendirikan Pojok Baca Digital.

“Buku memang sebagai penerang, petunjuk dan ilmu agar dapat melihat pengetahuan dunia, jika tidak di baca maka buku hanya menjadi penghias lemari saja”, ucap Kamsol.


Pj Bupati Kampar berharap melalui berbagai literasi yang sedang kita lakukan ini dapat menjawab setiap tantangan dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat, karena majunya suatu bangsa dilihat dari kecerdasan masyarakatnya, dengan adanya Pojok Baca Digital di tempat pelayanan umum seperti yang ada di Gedung Pojok Baca Digital Jl. Olahraga (Samping Stadion Tuanku Tambusai) akan meningkatkan minat dan budaya membaca dikalangan masyarakat.

“Semoga layanan ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat dengan menyediakan literatur yang dapat memenuhi kebutuhan baca masyarakat, Mudah- mudahan masyarakat di Kabupaten Kampar lebih gemar membaca dan menulis”, harap Pj Bupati Kampar.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM memberikan hadiah perlombaan menulis tingkat se-Kabupaten Kampar tahun 2022 didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dra Mimi Yuliani Nazir Apt, MM dan Bunda Literasi Kabupaten Kampar, Deswita Kamsol secara simbolis kepada para pemenang juara pertama atas nama Rifaldi Saputra, juara kedua atas nama Bustamin dan juara ketiga  atas nama Ryan Kurniawan, yang telah dilakukan dari Tanggal 01/09/2022 sampai 15/10/2022 serta mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan mendukung upaya yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kampar.

Peresmian ditandai dengan pembukaan papan nama dan pengguntingan pita oleh Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM dan didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dra Mimi Yuliani Nazir Apt, MM sebagai tanda dibukanya pojok baca digital di Gedung Pojok Baca Digital Jl. Olahraga, Bangkinang Kota.

Hadir dalam peresmian, Pimpinan DPRD Kampar yang juga Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kampar, Fahmil, SE, Bunda Literasi Kabupaten Kampar, Deswita Kamsol. Staff Ahli   Kabupaten Kampar Bidang Kemasyarkatan dan SDM Riedel Fitri. Ketua STIE Bangkinang Drs. Zulher, MS. Kepala Dinas BPPKBP3A Edi Afrizal. M.Si. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Lukmansyah Badoe. Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Zulia Dharma. PLT Kadis Dikpora H Aidil. Koordinator Distrik Tonoto Fondation Rickson Simajuntak. Camat Bangkinang Kota Minda. Dan Bapak/ Ibu penerbit dan distributor buku serta tamu undangan yang hadir. (rls/rano)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular