HomeBERITAPj. Bupati Kampar Lakukan MoU dengan Universitas Indonesia

Pj. Bupati Kampar Lakukan MoU dengan Universitas Indonesia

Menitzone.com, Jakarta ][ Penjabat (PJ) Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar dengan Universitas Indonesia (UI).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang SDM & Aset Universitas Indonesia Prof., Dr., Ir . Dedi Priadi, Direktur UKK Unit Kegiatan Kerja, Syarifudin  Kepala Lembaga Sains Terapan, Prof jatna. Kasubdit DPPU UI  Ahmadi Siringgo Ringgo, Direktur Kerjasama UI Dr. Toto Pranoto  dan LPEM UI Erwin.

MoU tersebut digelar di Universitas Indonesia Kampus Universitas Indonesia Depok Provinsi DKI Jakarta pada (28/10)

Dalam Sambutanya Kamsol menyampaikan  Universitas Indonesia memiliki sasaran untuk menjadi Entrepreneurial University. Yaitu universitas yang memiliki orientasi kewirausahaan, dan membangun spirit entrepreneurial untuk seluruh civitas akademika-nya, melakukan hilirisasi paten dan inovasi, serta mengoptimalkan asset, baik asset fisik maupun asset pengetahuan (knowledge-based asset) untuk memberikan nilai tambah bagi institusi dengan bekerjasama dengan semua pihak.

Ia juga menambahkan Hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kampar dimana peran universitas dapat menjadi kolaborator untuk mendukung pencapaian pembangunan Kabupaten Kampar mencapai visi “Kabupaten Kampar Negeri Berbudaya, Berdaya, dalam Lingkungan Masyarakat Agamis 2025″Kita berharap dengan semangat Sumpah Pemuda ini kolaborasi antara Ul dan Pemkab Kampar dapat berjalan lancar untuk tercapainya pembangunan bangsa dan negara.

Selanjutnya Kamsol mengungkapkan Lingkup kegiatan dalam Kesepakatan Bersama ini meliputi bidang perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, bidang penelitian, bidang pengabdian kepada masyarakat, bidang Pendidikan dan bidang pengembangan sumber daya manusia. Kerja sama ini diharapkan menjadi suatu program yang kongkrit untuk mewujudkan Kabupaten Kampar menjadi Kabupaten yang memiliki karakteristik berbudaya luhur, mandiri, berdaya saing tinggi di tingkat global.

Ia juga menyampaikan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara UI dengan Pemerintah Kabupaten Kampar tentang Penguatan Pembangunan Daerah Melalui Tridharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Kampar merupakan aspek penting dalam mendorong pembangunan di Kabupaten Kampar.

Wakil Rektor Bidang SDM & Aset Universitas Indonesia Prof. Dr., Ir. Dedi Priadi dalam sambutannya mengatakan Ul siap untuk membantu dalam penguatan kapasitas DM, menyusun kajian pengembangan wilayah, berbagai perumusan kebijakan (policy brief) terkait industri strategis seta kerjasama bidang kebudayaan, kesehatan dan program lainnya di Pemerintah kabupaten Kampar.

Berbagai riset dan inovasi yang dikembangkan periset Ul juga diharapkan dapat disinergikan dengan program-program yang mendukung pembangunan di Kabupaten Kampar.

Ul mendorong hilirisasi riset-riset terapan untuk dapat dikolaborasikan dengan mitra industri sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya saing nasional dan internasional. Dengan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama ini diharapkan akan semakin “Menguatkan kolaborasi antara Ul dengan Pemerintah Kabupaten Kampar dalam rangka pembangunan khususnya di Kabupaten Kampar.” paparnya.(rls/rano).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular