HomeBERITAPanen Raya Sekaligus Penanaman Jagung Manis Desa Pulau Birandang, Pj. Bupati Kampar...

Panen Raya Sekaligus Penanaman Jagung Manis Desa Pulau Birandang, Pj. Bupati Kampar Arahkan Cipta Desa Ekowisata dan Desa Tematik

Menitzone.com, Kampar ][ Mendukung Program Ketahanan Pangan di Kabupaten Kampar Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol , MM menghadiri dan ikut serta secara simbolis memanen sekaligus menanam jagung manis bertempat di Kebun Ketahanan Pangan Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa Rabu (25/1).

Sesampainya di Lokasi Kebun Ketahanan Pangan Desa Pulau Birandang Dr. H. Kamsol, MM didampingi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Ir. Cokro Aminoto dan Kepala Dinas Pertanian Nurilahi Ali, Sp. M.Ma, Camat Kampa Dedi Herman S.STP dan Kepala Desa Pulau Birandang Tomas Renaldo, langsung melakukan penanaman bibit jagung manis secara simbolis.

Dalam kegiatan ini juga tampak hadir Anggota DPRD Provinsi Riau H. Nurzafri, SE., MM, Anggota DPRD Kabupaten Kampar Edi Efrizon M.Pdi, Pimpinan PT. Air Kampar Suryadi Hadi Dinata dan Manager PT. SPS Febrian, Ninik Mamak, Tokoh Agama, adat dan masyarakat setempat.

Kebun Ketahanan Pangan ini merupakan kemitraan PT. Air Kampar dan PT. SPS seluas 25 hektare berada di tengah-tengah Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa, sebagai pusat dilaksanakannya Program Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar berupa Tanaman Jagung.

Dalam pengelolaan tanaman jagung di Kebun Ketahanan Pangan Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa ini terdapat 26 kelompok pengelolah, 211 orang pekerja yang merupakan ibu-ibu dari Desa Pulau Birandang itu sendiri.

Dalam pidatonya Kamsol mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh petani yang telah bercocok tanam jagung yang merupakan salah satu upaya meningkatkan ketahanan pangan dan mensukseskan Program Ketahanan Pangan di Kabupaten Kampar.

“Kegiatan ini akan memberikan dampak positif terhadap masyarakat di Desa Pulau Birandang ini, khususnya bagi para petani jagung karna bisa meningkatkan perekonomian, dapat menuju swasembada pangan dan menjadikan meningkatnya kesejahteraan petani” ujar Kamsol mengawali sambutannya.

Selain itu Pj. Bupati Kampar mengharapkan agar pihak-pihak yang terkait dalam program Ketahanan Pangan ini dapat bersama-sama menciptakan dan menjadikan Desa Pulau Birandang ini menuju Desa Ekowisata dengan tanaman jagungnya sebagai Icon dan menjadikan Desa Tematik yang mempunyai ciri khas yaitu tanaman jagung.

Kemudian Kamsol juga menambahkan “agar seluruh unsur dari masyarakat lebih memanfaatkan lahan-lahan tidur dan membuka lahan baru dengan harapan kita bisa mewujudkan Kampar Swasembada Pangan dan ini juga dapat memperkecil angka pengangguran”. ucap beliau menyampaikan harapannya.

Pemerintah juga berupaya nantinya lewat Koperasi sebagai penampung hasil panen dan menyiapkan mekanisme pasar dan pengelolaannya dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional dan meningkatkan ekonomi masyarakat di sektor pangan nantinya.

Dikesempatan ini anggota DPRD Riau H.Nurzafri, SE., MM menyampaikan sambutannya ” bersinerginya Legislatif dan Eksekutif dalam membangun desa melalui Program Ketahanan Pangan dapat menekan surflus ketahanan pangan, dan petani adalah ujung tombak dalam keberhasilan ketahanan pangan khusus tanaman jagung di Desa Pulau Birandang ini”.

Selanjutnya Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM, diarak menuju kebun jagung yang siap untuk dipanen dan menyerahkan hasil panen kepara petani. Disela-sela acara Panen Raya Sekaligus Penanaman Jagung Program Ketahanan Pangan Pulau Birandang Kecamatan Kampa ini, Pj. bupati Kampar juga secara simbolis menyerahkan alat kelengkapan sekolah kepada anak-anak di Desa Pulau Birandang, yang mana bantuan tersebut berasal dari Bantuan Keuangan dari Provinsi Riau Tahun 2022. (rls/rano).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular