HomeBERITAMantan Danlanal TBA Dilantik Sebagai Dansat Kopaska Koarmada III

Mantan Danlanal TBA Dilantik Sebagai Dansat Kopaska Koarmada III

Menitzone, Tanjungbalai ][ Menjelang berbuka puasa panglima komando armada ( Pangkoarnada ) III Laksda TNI Agus Hariadi, M. Han melantik dan serah terima empat jabatan strategis , kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan upacara Mako Koarmada III Katapop, Sorong, Papua Barat.pada kamis sore ( 30 / 3/ 2023).

Jabatan tersebut diantaranya adalah Dandenma Koarmada III, Danpom Koarmada III, Dansatmar Koarmada III dan Komandan Satuan Kopaska Koarmada III.

DansatKopaska yang sebelumya dijabat oleh Kolonel Laut (P) Mohamad Macri Mokoagow saat ini diserahkan kepada Letkol Laut (P) Robinson H. Etwiory, SE, MM.

 

Letkol Robinson Etwiory merupakan Komandan Satkopaska Koarmada III yang ke-4 dan merupakan seorang perwira lulusan Akabri Laut tahun 2001 atau lichting AAL 47.

Perjalanan Karirnya diawali sebagai seorang perwira Pelaut yang berdinas di KRI Hiu-804, kapal patroli Koarmatim. Sebelum melaksanakan pendidikan Kopaska pada tahun 2005, Robinson berlayar dan berdinas di KRI Teluk Ratai-509, Satlinlamil Surabaya.

Setelah menyelesaikan pendidikan Kopaska, pada tahun 2006, dia aktif berdinas di Satuan Kopaska Koarmatim di surabaya hingga tahun 2010.

Perwira yang aktif berbahasa inggris dan Jerman ini menyelesaikan sekolah Staf dan Komando (Führungsakademie der Bundeswehr) pada tahun 2017 di Jerman, kemudian kembali ke tanah air dan menjabat berbagai jabatan di level pamen TNI AL,.

Pada tahun 2020 Robinson dipercaya untuk memimpin Lanal Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara selama kurang lebih satu tahun empat bulan dan telah sukses melaksanakan tugas dengan baik dengan berbagai inovasi dan telah sukses membawa lanal Tanjungbalai sebagai lanal teladan .

Pada peringatan HUT Ke-76 TNI AL Tahun 2021, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Asahan memiliki kebanggaan tersendiri karena menerima kado terindah secara langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) pada saat itu ( kini Panglima TNI ) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., sebagai Predikat Lanal Teladan Kelas C, di Mabesal Cilangkap Jakarta Timur, Jumat (10/9/2021).

Selanjutnya Robinson menjabat sebagai Pabandya Evarenbang di Mabesal dan pada tanggal 29 Maret 2023 Robinson resmi menempati jabatan Komandan Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada III. Pergantian pejabat Satuan Kopaska Koarmada III ini dilaksanakan menjelang hari ulang tahun Kopaska yang ke-61, yang jatuh tepat tanggal 31 Maret 2023..

Saya akan melaksanakan amanah ini dengan berkerja keras secara jujur dan ikhlas , ujarnya kepada menara today Kamis malam ( 30 / 3/ 2023).

Saat pelantikan tersebut dalam amanatnya Pangkoarmada III mengatakan, bahwa Sertijab/ Serah Terima Jabatan merupakan realisasi pola pembinaan personel, dalam rangka kaderisasi pemimpin TNI Angkatan Laut, disamping itu serah terima jabatan merupakan kesempatan dan peluang bagi para perwira untuk mengembangkan karier dan mengaktualisasikan kemampuan konseptualnya guna mewujudkan kinerja organisasi yang lebih segar dan dinamis.

Lebih lanjut Pangkoarmada III, menyampaikan bahwa jabatan adalah amanah yang harus diemban dan suatu kepercayaan yang berarti kehormatan sekaligus kebanggaan, tiada ungkapan yang lebih tepat kecuali berbuat hal yang terbaik untuk organisasi dengan penuh pengabdian dan rasa tanggung jawab.

Dengan bekal pengalaman penugasan sebelumnya dan melalui improvisasi, inovasi serta daya kreatifitas yang dimiliki akan mampu meningkatkan kinerja organisasi agar lebih optimal dan berjalan sesuai tugas pokok masing-masing, tegas Pangkoarmada III. (Gani).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular