HomeBERITAKPU Kampar Tuntaskan Pleno Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran Tingkat Desa/Kelurahan

KPU Kampar Tuntaskan Pleno Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran Tingkat Desa/Kelurahan

Menitzone, Kampar ][ KPU Kabupaten Kampar tuntaskan Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Tingkat Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Kampar, Jumat (31/3/2023).

Pleno DPHP oleh PPS di tingkat desa/kelurahan merupakan data hasil pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh Petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) berdasarkan data penduduk potensial pemilih (DP4), yang dilaksanakan dari tanggal 12 Februari sampai 14 Maret 2023 yang lalu.

Hasil Pleno DPHP inilah nantinya akan ditetapkan KPU Kabupaten Kampar menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Tahun 2024 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Kampar, Maria Aribeni mengatakan bahwa sesuai arahan KPU RI, selain melayani peserta Pemilu, KPU juga melayani Pemilih dengan baik. “Maka proses Pemutakhiran Data Pemilih yang dilakukan oleh petugas, merupakan bentuk layanan KPU terhadap pemilih guna memastikan setiap pemilih yang memiliki hak memilih terdaftar dalam daftar pemilih nantinya,” ujar Maria Aribeni.

Maria Aribeni mengajak seluruh elemen masyarakat berperan aktif untuk mengkroscek dan memastikan diri sudah terdaftar dalam daftar pemilih. “saat ini masyarakat sudah diberikan kemudahan dalam mengkroscek data dirinya melalui sarana aplikasi cek dpt online yang telah disediakan oleh KPU,” tambah Maria.

Sementara itu, Anggota KPU Kabupaten Kampar, Divisi Perencanaan data dan Informasi, Andi Putra menyampaikan bahwa setelah menuntaskan tahap pertama Pleno Rekapitulasi DPHP di 250 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Kampar, tahap selanjutnya adalah Pleno Rekapitulasi di Tingkat kecamatan tanggal 1s.d. 2 April 2023.

“Sedangkan pada tanggal 5 April 2023 mendatang, dilanjutkan dengan pleno di tingkat KPU Kabupaten Kampar, sekaligus nanti Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS),” jelas Andi Putra.

Andi mengucapkan terimakasih kepada PPS se-Kabupaten Kampar yang sudah menjalankan tugas dengan baik. “Serta kita juga mengucapkan terimakasih kepada kawan-kawan PPK yang sudah mengawal proses pleno Rekapitulasi DPHP di PPS sehingga dapat dipastikan jika terdapat persoalan bisa di tuntaskan sesuai dengan tingkatan,” tambah Andi.

Andi juga menyampaikan kepada masyarakat, peserta Pemilu sesuai tingkatan dan panwas agar memberikan masukan terhadap hasil pleno DPHP secara berjenjang sesuai mekanisme yang sudah diatur.

“Sehingga diharapkan kita bisa menyajikan daftar pemilih nantinya yang akurat dan berkualitas,” tutup Andi. (rls/rano).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular