HomeBERITAIkuti Pembukaan Coaching Clinic TPAKD Tahun 2023, Pj Sekda Kampar Berharap 4...

Ikuti Pembukaan Coaching Clinic TPAKD Tahun 2023, Pj Sekda Kampar Berharap 4 Program TPAKD Ini Berikan Manfaat Bagi Masyarakat

Menitzone, Pekanbaru ][ Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM yang diwakili oleh Pj Sekda Kampar Ir. Azwan, M.Si menghadiri Launching Coaching Clinic Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Riau dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia, yang diselenggarakan di Balai Sirindit Pekanbaru, Kamis (11/5/2023). Pada kesempatan tersebut Pj Sekda Kampar didampingi oleh Asisten II Setda Kampar Suhermi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kampar Ir. Nurilahi Ali, Kabag Ekonomi Setda Kampar Zamhur dan Staf

Coaching clinic ini ditujukan kepada tim teknis TPAKD Provinsi Riau untuk penyusunan rencana program kerja TPAKD. Dan bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada TPAKD kabupaten dan kota se-Provinsi Riau.

Dengan harapan program yang akan dirumuskan dapat memperhatikan kebutuhan pengembangan ekonomi dan karakteristik daerah disertai dengan target yang spesifik, jelas dan terukur guna memastikan program kerja dapat di implementasikan dengan baik dan tepat waktu.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si yang diwakili Oleh Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan Muhammad Job Kurniawan mengatakan bahwa TPKAD merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI pada pertemuan tahunan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan pelaku industri jasa keuangan tanggal 15 Januari 2016 yang menyebutkan perlunya upaya nyata guna mendorong kegiatan ekonomi produktif melalui pemberdayaan kemampuan UMKM, pengembangan ekonomi daerah dan penguatan sektor ekonomi prioritas.

“Harapan ke depannya, pembentukan TPKAD dapat dilakukan di seluruh Kabupaten di Provinsi Riau agar percepatan dan akselerasi berbagai program peningkatan akses keuangan kepada masyarakat dapat lebih optimal. ungkapnya.

Ia juga menambahkan, Sehubungan dengan itu, sebagai wujud dukungan anggaran, masing-masing Kepala Perangkat Daerah terkait dapat melakukan penganggaran untuk melaksanakan program percepatan akses keuangan tersebut.

Ada Program yang mendukung untuk Kesejahteraan Masyarakat yang merupakan ada 4 Program yaitu Pertama adalah Program Perluasan Akses Keuangan, yang berfokus pada peningkatan fasilitas akses kredit, yang Kedua Program Penguatan Infrastruktur Percepatan Akses Keuangan dengan mendirikan Jamkrida, Lembaga Keuangan Mikro (LKM), LKM Syariah, BumDes, Desa Binaan, program Satu Desa Satu Agen, dan Website TPAKD, Ketiga Program Literasi Keuangan yang memberikan kegiatan sosial, edukasi program layanan jasa keuangan, serta sosialisasi program nasional dan Keempat Program Pendampingan/Asistensi yang memberikan pemberdayaan dan pelatihan UMKM, asistensi obligasi daerah, pendirian Jamkrida. ungkapnya.

“Semoga kegiatan Pembukaan TPAKD ini dapat memberikan pelajaran dalam meningkatkan akses keuangan daerah dan perluasan inklusi keuangan, serta terus menjaga semangat kita untuk memulihkan ekonomi Daerah dan Nasional. tutupnya.

Dalam hal tersebut juga disampaikan oleh Pj Bupati Kampar yang diwakili Pj Sekda Kampar Ir. Azwan, M.Si mengatakan bahwa kita sudah mengikuti pembukaan Coaching Clinic TPAKD dalam rangka Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Di indonesia (Gernas BBI- BBWI) dan apa yang disampaikan tersebut akan menjadi Masukan untuk Kabupaten Kampar serta akan menjadi langkah untuk mengoptimalkan potensi ekonomi daerah khususnya bagi para pelaku usaha di Kabupaten Kampar.

“Diharapkan dengan kegiatan Coaching Clinic ini, Pemerintah Kabupaten Kampar dapat lebih meningkatkan kinerjanya dengan mengetahui apa yang menjadi sasaran kegiatannya, dan kegiatan yang dilakukan dapat menjadi berkah bagi masyarakatnya. ungkapnya.

Pj Sekda juga mengatakan bahwa dalam Pembukaan TPAKD tahun 2023 ini Pemerintah Daerah Sudah terbentuk Tim, jadi TPAKD harus benar-benar bermanfaat bagi Masyarakat khususnya di Kabupaten Kampar, yang terpenting bagaimana mempermudah akses Keuangan Bagi Masyarakat, tentunya TPAKD harus mempunyai ide-ide cemerlang atau berinovasi supaya Akses Keuangan tidak sulit bagi Masyarakat Kabupaten Kampar. tutupnya.

Selesai acara Pembukaan tersebut, kegiatan Coaching Clinic ini langsung di Sosialisasikan dengan Pemaparan Narasumber Deputi Direktur Akses Keuangan Rose Dian Sundari memaparkan tentang Program Kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah dan Arah Strategis Tahun 2023 dan Sesi Tanya Jawab terkait 4 Program TPAKD. (rls/rano).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular