HomeBERITADijadwalkan MenkoPolhukam Mahfud MD Akan Hadiri HAKIN di Kampar

Dijadwalkan MenkoPolhukam Mahfud MD Akan Hadiri HAKIN di Kampar

Menitzone, Kampar ][ Dalam puncak Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2023, diagendakan akan di gelar di Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Rabu tanggal 17 Mei 2023.

Pelaksanaan HAKIN yang merupakan pertama dilaksanakan di luar Pulau Jawa ini, dijadwalkan akan dihadiri langsung oleh Menteri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P. Selain itu juga akan dihadiri oleh Ketua KPU, Bawaslu Provinsi dan  Kabupaten juga dihadiri oleh tokoh nasional, Tokoh pers, Insan pers, Bupati se Provinsi Riau, Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Kampar serta tokoh – tokoh nasional Yang juga akan hadir pada puncak HAKIN di Kabupaten Kampar.

Hal tersebut ditegaskan Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol, MM saat Konferensi Pers bersama Ketua Komisi Informasi Pusat RI Dr Ir Doony Yoesgiantoro, MM, MPA di ruang Resto Labersa Hotel Siak Hulu, Selasa (16/5/3023).

Lebih lanjut, Kamsol menjelaskan bahwa dengan dilaksanakannya di Kabupaten Kampar Riau. HAKIN sendiri mengangkat hashtag.” Kampar Untuk Indonesia”.

Artinya, dengan puncak HAKIN ini, merupakan langkah awal akan tercipta bahwa kedepan setiap tahun, HAKIN sendiri akan ditetapkan seperti hari-hari besar Nasional lainnya.

Dengan komitmen mendukung pemilu yang damai dan cerdas, Ini adalah bentuk keseriusan kita dalam keterbukaan informasi publik bagi badan publik.

Sebagai bentuk keseriusan juga, kedepan di Kampar akan dibentuk Komisi Informasi Kabupaten. Apabila ini terwujud, ini merupakan KI kabupaten/kota pertama satu-satunya KI Kabupaten di Pulau Sumatera.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Pusat RI Dr., Ir. Doony Yoesgiantoro, MM., MPA, dengan peringatan puncak 17 Mei besok mengangkat tema dengan Meneguhkan peran Komisi Informasi dalam mengawal pemilu 2024 yang terbuka, Inklusif dan informatif.

Untuk diketahui, nilai keterbukaan adalah sangat strategis. Walaupun pimpinan badan publik menganggap hal ini tidak penting, tetapi kita mengambil momen HAKIN untuk ditetapkan sebagai hari nasional.

Selain itu, dalam puncak peringatan HAKIN sendiri KI Pusat juga akan menyerahkan lima besar Anugrah Kabupaten/Kota, SKPD, serta Penyelenggara pemilu, serta Duta Informasi.

Selain Pj Bupati Kampar dan Ketua KI Pusat, hadir juga dalam Konferensi Pers tersebut Ketua KI Riau Irwan Zufra, Kadis Kominfotik Riau Erisman Yahya, S.Ag., MH dan Kadis Kominfo dan Persandian Kampar Yuricho Efril, S.STP. (rls/rano)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular