HomeBERITADanrem 162/Wira Bhakti Dampingi Pangdam IX/Udayana Pimpin Upacara Hari Santri Nasional di...

Danrem 162/Wira Bhakti Dampingi Pangdam IX/Udayana Pimpin Upacara Hari Santri Nasional di Kota Bima

Mentzone.com, Mataram ][ Dengan Tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan, Panglima Kodam IX/ Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., Memimpin Upacara Hari Santri Nasional 2022 di Lapangan SMAN 4 Kota Bima Kelurahan Penatoi Kecamatan Mpunda.

Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2022 ini diikuti oleh seluruh Santri Kota Dan Kabupaten Bima serta dimeriahkan dengan penampilan Tari Kipas dari Pondok Pesantren Baitul Ilmi Kota Bima dan berbagai jenis atraksi bela diri dari berbagai perguruan bela diri yaitu INKAI, Taekwondo, Tarung Drajat dan Pencak Silat.

Di konfirmasi media ini benerapa waktu lalu, Panglima Kodam IX / Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto .S.E., M.M
Dalam sambutannya menyampaikan Alasan dipilihnya Kota Bima Sebagai tempat Upacara peringatan hari santri ini , karena Wilayah Kota Dan Kabupaten Bima memiliki Masyarakat yang Religius”, Kata Pangdam.

“Secara Historis, Wilayah Bima merupakan salah satu pusat perkembangan Islam di Nusantara, terbukti dengan tegak dan kokohnya sebuah kesultanan di kota Bima , Tambah Pangdam dalam amanatnya.

Selain itu Pangdam pun menjelaskan tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia yang di mana TNI tidak terpisahkan dengan Santri.

 

“Garis perjuangan mulia Jenderal Soedirman sebagai seorang Panglima Besar tidak lepas dari kehidupan masa kecilnya, dimana jiwa serta raganya dibentuk oleh lingkungan keluarga yang taat menghayati ajaran Islam, dan pernah menjadi  Santri di Pesantren asuhan Kyai Busyro Syuhada dan dalam perjalanan karirnya, Soedirman diangkat menjadi guru oleh para tokoh dan ulama untuk mengajar di HIS (Hollandsch Inlandsche School),” Jelas Pangdam.

” Danrem menjelaskan secara singkat bahwa Panglima Besar Jenderal Soedirman merupakan Bapak TNI yang mengenyam pendidikan menjadi seorang Santri di Pesantren, sehingga TNI
dengan Santri dan mempunyai hubungan sejarah yang sangat erat yang tidak bisa terpisahkan, ibarat air dengan ikan”, Ungkap Pangdam.

 

Turut dalam mendampingi Pangdam dalam upacara tersebut yaitu Danrem 162/WB Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo S. Sos.,  M.M., dan Kapolda NTB Irjen Pol. Drs Djoko Poerwanto, serta diikuti pula Asintel Kasdam IX/Udayana Kolonel Arm Sarkistan Sihaloho, Kanwil Kemenag Prov NTB Dr. H. M. Zaidi Abdad, M.Ag, Bupati Bima Hj. Indah Damayanti S.E., Bupati Dompu Khaeder jaelani, Dandim 1608/Bima Letkol Inf Muhammad Zia Ulhaq S.Sos., Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Taufik S.Sos., Kapolresta Bima AKBP Rohadi S.I.K.,Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko S.I.K., Direktur Deradikalisasi BNPT Prof. Irfan Idris, MA., dan Ormas Islam Wiayah Kota Kabupaten Bima. (Jm perwakilan NTB).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular