HomeBERITAAudensi Kapolsek Tapung Hulu dangan Ninik Mamak Kenegerian Sinama Nenek, ini Perintah...

Audensi Kapolsek Tapung Hulu dangan Ninik Mamak Kenegerian Sinama Nenek, ini Perintah Pj. Bupati Kampar

Menitzone, Kampar ][ Bertempat di Ruang Rapat Bupati Kampar Lantai II Kantor Bupati Kampar, Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM didampingi Sekda Kampar Ir. Azwan, MM terima Audien Kapolsek Tapung Hulu dan Ninik Mamak Kenegerian Sinama Nenek , Rabu (10/5).

Audiensi ini dilakukan karena beberapa waktu lalu adanya laporan dari PT. Inti Kamparindo Sejahtera (IKS) kepada Kepada Kapolsek Kampar AKP. Nurman terhadap masyarakat anak kemenakan Ninik Mamak Kenegerian Sinama Nenek. Adanya laporan ini karena masyarakat dimaksud telah mengambil atau memanen buah sawit milik PT. IKS di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS).

Tampak juga dalam Audiensi ini Asisten I Setda Kampar Ahmad Yuzar, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar Ahmad Faiz, Perwakilan dari Polres Kampar Kompol Maitartika selaku Kabag OPS beserta jajaran, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kampar Mahadi, Camat Tapung Hulu Wira Sastra, S.STP., M.Si dan Perwakilan dari Dinas Perkebunan Kabupaten Kampar Idrus.

Dalam pengarahannya pada Audiensi ini setelah mendengar titik permasalahan, Pj. Bupati Kampar menekankan untuk lakukan mediasi terlebih dahulu dengan semua pihak.

“Menanggapi kondisi ini selaku Pemerintah Kabupaten Kampar akan lakukan Mediasi sebagai langkah awal agar tidak terjadi konflik sosial dan tindak pidana.” demikian dikatakan Kamsol.

Kamsol juga menambahkan Pemerintah Kabupaten Kampar akan membentuk Satgas Penyelesaian Konflik Lahan, yang nantinya bertugas memfasilitasi dan mediasi segala hal mengenai permasalahan lahan dalam masyarakat”.

Memberikan keterangannya Kapolsek Tapung Hulu telah menerima Laporan dari PT. IKS perihal masyarakat yang tercatat sebagai Anak Keponakan Ninik Mamak Kenegerian Sinama Nenek yang mengambil hasil kebun Kelapa Sawit disepanjang DAS. Sedangkan menurut Ninik Mamak Kenegerian Sinama Nenek bahwa lahan disepanjang DAS tersebut adalah bukan milik PT. IKS.
Atas konflik ini Kapolsek Tapung Hulu berinisiasi untuk melakukan pertemuan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar, guna untuk menemui solusi yang tepat agar terhindar dari tindak pidana.

Selanjutnya sebelum mengakhiri Audiensi Pj. Bupati Kampar juga menginstruksikan untuk lakukan pendataan dan lakukan survei bersama untuk menemukan solusi yang tepat bagi masyarakat dan pihak PT. IKS, dan akan menjadwalkan untuk lakukan pertemuan dan mediasi. (rls/rano).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular