Thursday, October 24, 2024
HomeBERITAPastikan Pangan Bebas dari Bahan Berbahaya, Loka POM di Kota Tanjungbalai Awasi...

Pastikan Pangan Bebas dari Bahan Berbahaya, Loka POM di Kota Tanjungbalai Awasi Pangan Jajanan Berbuka Puasa Bersama Dinas Kesehatan dan Saka POM Kabupaten Asahan

Menitzone, Asahan ][ Dalam rangka mengantisipasi peredaran produk pangan tidak memenuhi syarat selama bulan Ramadhan, Loka POM di Kota Tanjungbalai melakukan pengawasan pangan jajanan berbuka puasa (takjil). Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Loka POM di Kota Tanjungbalai, Denny S. Purba, S.Si., Apt bersama staff Substansi Pemeriksaan Loka POM Tanjungbalai, serta bekerjasama dengan lintas sektor terkait, yaitu Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, serta Saka Pengawas Obat dan Makanan Kwartir Cabang Asahan.

Pengawasan pangan jajanan berbuka puasa (takjil) di Kabupaten Asahan ini termasuk ke dalam Program Intensifikasi Pengawasan Pangan Tahap VI dari keseluruhan enam tahapan kegiatan selama bulan Ramadhan, yang pada tahapan sebelumnya juga telah dilaksanakan di 4 (empat) Kabupaten/Kota lainnya yang menjadi bagian dari wilayah pengawasan Loka POM di Kota Tanjungbalai, yaitu Kota Tanjungbalai, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Labuhanbatu, serta Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Kegiatan difokuskan pada pengujian pangan menggunakan rapid test kit (uji cepat) terhadap 4 (empat) parameter pengujian, yaitu bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan, antara lain adalah Formalin, Boraks, Methanil Yellow, dan Rhodamin B. Pengawasan yang dilakukan berupa sampling dan pengujian pangan jajanan berbuka puasa, seperti mie kuning, cendol, agar-agar, gorengan, es doger, dan lain-lain. Sampling dilakukan di depan Masjid Raya Kisaran, yaitu sepanjang Jalan Imam Bonjol, Kabupaten Asahan. Selain melakukan sampling dan pengujian takjil, petugas Loka POM di Kota Tanjungbalai bersama anggota Saka POM Kwarcab Asahan juga memberikan edukasi kepada para pedagang agar senantiasa menjaga keamanan pangan yang dijajakan. Begitu pula sebelum melakukan pengawasan pangan jajanan buka puasa, Loka POM di Kota Tanjungbalai juga melaksanakan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) di Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Asahan. Adapun topik yang disampaikan adalah mengenai isu terkini terkait pangan.

Kepala Loka POM di Kota Tanjungbalai, Bapak Denny S. Purba mengatakan, Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat, khususnya dalam hal konsumsi pangan selama bulan Ramadhan.

Berdasarkan hasil pengujian terhadap 30 (tiga puluh) sampel bahan pangan dan pangan jajanan berbuka puasa, tidak ditemukan sampel pangan yang mengandung bahan kimia berbahaya (Formalin, Boraks, Methanil Yellow, dan Rhodamin B). Selain melakukan sampling dan pengujian cepat, petugas Loka POM di Kota Tanjungbalai juga memberikan pemahaman kepada para penjual untuk menjaga keamanan pangan yang dijajakan, dan imbauan agar tidak menjajakan produk pangan yang mengandung bahan berbahaya. (Gani).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments