Saturday, October 26, 2024
HomeBERITAAwal Menjabat Berikan JamDan, Dandim 1514/Morotai Berharap ini Kepada Babinsa

Awal Menjabat Berikan JamDan, Dandim 1514/Morotai Berharap ini Kepada Babinsa

MenitZone, Morotai ][ Awal menjabat bentuk kepedulian Pimpinan terhadap anggota langsung terlihat nyata, seperti yang dilakukan Komandan Kodim 1514/Morotai (Letkol Arh. Masykur Akmal, ST., MT.) saat memberikan Jam Komandan (Jamdan) kepada Prajuritnya yang berada di Koramil 1514-01/Daruba.

Letkol Arh.Masykur Akmal, ST., MT. usai melaksanakan upacara bendera di Makodim 1514/Morotai, langsung menuju Koramil 1514-01/Daruba untuk melaksanakan Jamdan.

Dalam kegiatan Jamdan tersebut Letkol Arh. Masykur Akmal, ST., MT. mengatakan bahwa dirinya baru pertama kali menginjakkan kakinya di Kabupaten Pulau Morotai dimana wilayah ini merupakan tempat bersejarah pada masa Perang Dunia Ke II.

Sebagai Babinsa, kita harus melaksanakan Binter Satkowil merupakan Program Pemerintah Daerah Mantapkan Sistem Perencanaan dan Pengendalian Pembinaan Teritorial (Sisrendal Binter) yang selaras dengan kepentingan dan program Pemerintah Daerah dalam rangka Pertahanan Negara yang solid dan tangguh, tutur Dandim 1514/Morotai.

Kepada para Babinsa Kodim 1514/Morotai bahwa Pertahanan Indonesia disusun dalam suatu sistem pertahanan semesta untuk mencapai tujuan nasional Pertahanan semesta pada hakikatnya adalah suatu pertahanan yang melibatkan seluruh warga negara sesuai peran dan fungsinya TNI AD sebagai alat pertahanan negara memiliki kewajiban untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui Pembinaan Teritorial sesuai dengan Doktrin Kartika Eka Paksi.

Pembinaan Teritorial oleh TNI AD dilaksanakan dalam upaya menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan yang memerlukan sinergitas antara Satuan Komando Kewilayahan dengan Pemerintah Daerah guna menyelaraskan aspek pertahanan dan aspek yang lain sesuai kepentingan Pemerintah Daerah Pembinaan Teritorial (Binter) merupakan fungsi utama TNI AD sehingga bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya yang dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah serta berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan seluruh rakyat Indonesia dari segala ancaman,lainnya.

Mengakhiri amanatnya dengan beberapa arahan kepada para Babinsa, Letkol Arh. Masykur Akmal, ST., MT. mengingatkan agar kesehatan tetap dijaga karena merupakan modal utama dalam melaksanakan tugas sehari-hari yang akan menentukan suatu keberhasilan di wilayah binaan masing-masing,” katanya.

Lebih lanjut, Letkol Arh.Masykur Akmal, ST., MT. menambahkan terkait tugas pokok aparat kewilayahan, diharapkan Babinsa secara aktif memonitoring segala kegiatan yang berada di wilayah.

“Pahami betul situasi, dan kondisi wilayah binaan rekan-rekan Babinsa, dan perlu diingat juga, jalin terus komunikasi dengan warga binaan, agar warga binaan merasa dekat dengan aparat kewilayahan dalam hal ini Babinsa,”tegasnya dihadapan Babinsa.

Selain itu, Letkol Arh.Masykur Akmal, ST., MT. mengharapkan keharmonisan keluarga juga perlu dijaga, walaupun kesibukan di lapangan selalu ada, keluarga juga perlu dibuat bahagia.

“Atur waktunya untuk bisa berkumpul bersama keluarga, karena tujuannya kita bekerja itu untuk keluarga juga, dan jangan lupa juga perhatikan kesehatannya,” tandasnya. (oje)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments